Minggu, 28 September 2014

Budaya Terhadap Manusia dan Tanggung Jawab

Dewasa ini, tanggung jawab bukanlah lagi hal yang ditakuti oleh sebagian orang. Terutama untuk hal-hal yang dianggap sepele atau hal kecil yang dipikir manusia-manusia tersebut tidak begitu penting. Padahal, tanggung jawab adalah hal nomor satu dari segala tindakan dan ucapan dalam kehidupan sehari-hari—tidak terpengaruh dengan kecil atau besarnya masalah/pekerjaan tersebut.

Bagi saya sendiri, tanggung jawab adalah suatu perilaku yang wajib,  bersifat memaksa, dan mencerminkan kepribadian seseorang. Alasan saya beranggapan seperti itu, karena saya merasakan demikian ketika saya memiliki suatu tanggung jawab dalam hal atau masalah yang saya kerjakan dan alami.

Manusia pasti pernah melalaikan tanggung jawab mereka, entah itu tanggung jawab kecil atau besar. Tapi tanggung jawab tidak memandang besar dan kecilnya tanggung jawab tersebut. Tanggung jawab adalah tentang menghargai suatu kegiatan/pekerjaan. Ketika anda melalaikan tanggung jawab (meski hanya hal kecil), tidak menutup kemungkinan anda akan melalaikan tanggung jawab lainnya. Terkadang sikap yang kita ambil dalam menindak lanjuti masalah dapat terulang lagi dalam masalah atau kegiatan di perihal yang lain.

Untuk sebagian manusia tidak ada kelalaian yang dapat dimaklumi. Terutama mengenai tanggung jawab. Contoh saja, dalam sebuah perusahaan, tanggung jawab adalah sikap terpenting sama halnya dengan kejujuran. Ketika didalam sebuah perusahaan tidak memiliki tanggung jawab, perusahaan tersebut bisa bangkrut. Karena, tanggung jawab adalah pondasi dalam segala masalah. Karena disaat masalah datang, tanggung jawablah yang berperan menyelesaikan masalah tersebut.

Terkadang ada pula sebagian manusia yang melemparkan tanggung jawab mereka dalam suatu masalah ke pihak lain. Kejadian seperti ini sudah tidak awam lagi terjadi dikehidupan sehari-hari. Manusia-manusia seperti ini mencerminkan bahwa mereka masuk ke dalam kategori orang-orang yang tidak memiliki tanggung jawab. Lebih baik berpikir seribu kali jika ingin memberikan kepercayaan besar kepada orang-orang ini.

Ketika anda satu atau dua kali melalaikan tanggung jawab anda dalam suatu masalah atau pekerjaan, sikap tersebut bisa jadi akan melekat pada diri anda sehingga anda akan terus mengulangi sikap tersebut dalam masalah dan pekerjaan yang lain. Oleh karena itu penting untuk kita budayakan sifat bertanggung jawab dalam segala hal, besar dan kecil hal tersebut.

Tanggung jawab merupakan sebuah keharusan yang wajib dipikul manusia dalam tindakannya sehari-hari. Dan, setiap hal yang anda lakukan adalah tanggung jawab yang harus anda selesaikan.

Karena, tidak ada tindakan yang tidak memiliki konsekuensi. Tanggung jawab ialah kunci penyelesaiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar